Memahami Akuntasi dan Laporan Keuangan

Lecture Material
🍀🍀🍀🍀🍀

Hello Bloggers,
kali aku mau berbagi materi-materi aku ketika di perkuliahan. Berhubung aku lupa ini darimana Daftar Pustakanya, karena materi ini ada di Blog Pribadi Aku yang lama. Semoga bermanfaat ya!

📓📓📓📓📓


Pengguna Informasi Akuntasi

Akuntasi merupakan praktik mengukur, menginterpretasikan, dan mengomunikasikan informasi keuangan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis internal dan eksternal.

Pengguna Informasi Akuntasi

Pengguna Penggunaan Pemilik, Pemegang Saham, Investor Potensial, Kreditor Untuk mengevaluasi Operasi Persuahaan untuk mengambil Keputusan Investasi Manajemen Untuk merencanakan dan mengawasi Karyawan, Pejabat Resmi Serikat Pekerja Untuk digunakan dalam negosiasi kontrak Pemberi Pinjaman, Pemasok Untuk mengevaluasi Peringkat Kredit, Lembaga Pemerintah, Perencana Ekonomi, Kelompok Konsumen Untuk Mengevaluasi Kewajiban Membayar Pajak Untuk Menyetujui Penerbitan Saham dan Obligasi Baru

Aktivitas Bisnis yang Melibatkan Akuntasi

Tiga aktivitas dasar berikut, dan akuntasi memainkan peran penting di setiap aktivitas ini :
  1. Aktivitas pendanaan menyediakan dana yang dibutuhkan untuk mengawali sebuah bisnis dan mengembangkannya setelah operasi awal dilakukan.
  2. Aktivitas investasi menyediakan aset berharga yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis.
  3. Aktivitas operasi berfokus pada penjualan barang dan jasa, namun juga mempertimbangkan biaya sebagai unsur penting dari manajemen keuangan yang kuat.
Para Profesional di Bidang Akuntasi
Seorang akuntan publik (public accountant) memberikan jasa akuntasi bagi perorangan maupun perusahaan dengan imblan tertentu. Sebagian besar kantor akuntan publik (KAP) memberikan tiga jasa dasar untuk klien :
  1. Audit, atau pemeriksaan, catatan keuangan
  2. Persiapan, perencanaan, dan jasa lainnya yang berkaitan dengan pajak
  3. Konsultasi manajemen
Oleh, karena akuntan publik bukanlah karyawan dari perusahaan klien, maka mereka berada di posisi yang memberikan saran yang tidak biasa tentang kondisi keuangan perusahaan.

Seorang akuntan yang direkrut oleh perusahaan selain KAP disebut sebagai akuntan manajemen (management accountant). Individu-individu ini bertanggung jawab atas pengumpulan dan pencatatan transaksi keuangan dan persiapan laporan keuangan yang digunakan perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Akuntan publik bersertifikat (certified public accountant – CPA) memperlihatkan kemampuan akuntasi mereka dengan memenuhi syarat pendidikan dan pengalaman serta berhasil menyelesaikan sejumlah ujian ketat dalam teori dan praktik akuntasi, audit, hukum, dan perpajakan.

Pemerintah federal, negara, maupun daerah juga membutuhkan jasa akuntasi. Akuntan pemerintah (goverment accountant) dan mereka yang bekerja untuk organisasi nirlaba memberikan jasa profesional yang serupa dengan yang diberikan oleh akuntan manajemen. Akuntan yang bekerja di sektor publik menfokuskan perhatian mereka pada penentuan tentang seberapa efesiennya organisasi dapat mencapai tujuan mereka dan bukan hanya semata-mata tentang laba dan rugi.

Proses Akuntasi
Proses akuntasi merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengubah informasi tentang transaksi yang terpisah-pisah menjadi laporan keuangan.
Data Dasar
Pemrosesan
Laporan Keuangan

Dasar dari Sistem Akuntasi
PCAOB, lima anggota dewan yang dibentuk oleh Sarbanes-Oxley Act untuk menentukan standar audit dan memonitor kantor akuntan yang mensertifikasi buku-buku keuangan perusahaan publik, anggota dewan ditunjuk oleh SEC untuk menjabat selama lima tahun.

Persamaan Akuntasi
  • Aset merupakan semua yang mempunyai nilai yang dimiliki atau disewa oleh sebuah bisnis.
  • Kewajiban merupakan klaim yang diajukan kreditor atas aset perusahaan.
  • Ekuitas Pemilik merupakan semua klaim dari pemilik, mitra, atau pemegang saham terhadap aset dari sebuah perusahaan, sama dengan selisih dari aset dan kewajiban. Persamaan akuntasi dasar merupakan hubungan yang menyatakan bahwa aset sama dengan kewajiban ditambah ekuitas pemilik.
  • Aset = Kewajiban + Ekuitas Modal

Laporan Keuangan
  • Neraca merupakan laporan posisi keuangan perusahaan-apa yang dimilikinya dan klaim terhadap aset yang dimilikinya –pada waktu tertentu.
  • Laporan Laba Rugi merupakan catatan keuangan dari pendapatan, beban, dan laba perusahaan selama periode tertentu.
  • Laporan arus kas merupakan laporan penerimaan kas dan pembayaran kas perusahaan yang menyajikan informasi tentang sumber dan penggunaan kasnya.
  • Akuntasi akrual merupakan metode akuntasi yang mencatat pendapatan dan beban pada saat terjadinya, bukan pada saat kas berpindah tangan.
Analisis Rasio Keuangan
Rasio Keuangan dan Apa yang Diukurnya
Rasio Apa yang diukur ?
  • Rasio Golden Harvest
  • Rasio Likuiditas
  • Rasio Lancar
  • Rasio Cepat Kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka pendek.
     2,26
     0,91
  • Rasio Profitabilitas
  • Margin Laba Kotor
  • Margin Laba Bersih
  • Laba Per Saham
  • Pengembalian atas aset (ROA)
  • Pengembalian atas ekuitas (ROE) Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan yang melebihi beban dan memperoleh tingkat pengembalian yang memadai
    40,0%, 10,3%, $4,65%, 19,9%, 27,4%
  • Rasio Pengungkit (Leverage)
    Total Kewajiban terhadap total aset Tingkat perusahaan bergantung pada pendanaan utang. 27,4%
  • Rasio Aktivitas
Perputaran Persediaan

Total Perputaran Aset Efektivitas dari pemanfaatan sumber daya perusahaan
4,00
2,12

Penganggaran
Anggaran (budget) merupakan alat perencanaan dan pengendalian yang menggambarkan pendapatan penjualan, beban operasional, serta penerimaan dan pengeluaran kas yang diperkirakan perusahaan. Salah satu dari anggaran terpenting yang disusun oleh perusahaan adalah anggaran kas (cash budget).

Standar Akuntasi Internasional
Internasional Accounting Standards Committee didirikan untuk menetapkan konsistensi global dalam praktik pelaporan keuangan dan kemampuan untuk diperbandingkan serta keseragaman standar akuntasi internasional.

💜💜💜💜💜

: ¨·.·¨ : ` ·. 🦋 ╱|、 (˚ˎ 。7 |、˜〵
source : archive data of my lecture materials 
written by dnoigui
If you want to share this information on your website, please read the terms of "privacy police"
thank you ^^

૮ ˶ᵔ ᵕ ᵔ˶ ა (❀❛ ֊ ❛„)♡—ฅ/ᐠ. ̫ .ᐟ\ฅ —

Post a Comment

If you want to ask something please leave a comment. thank you

Translate