Manajemen Produksi dan Operasi

Lecture Material
🍀🍀🍀🍀🍀

Hello Bloggers, 
kali aku mau berbagi materi-materi aku ketika di perkuliahan. Berhubung aku lupa ini darimana Daftar Pustakanya, karena materi ini ada di Blog Pribadi Aku yang lama. Semoga bermanfaat ya!

📓📓📓📓📓


Kepentingan Strategis dari Fungsi Produksi : 
Manajemen Produksi dan Operasi 
Pengelolaan karyawan dan mesin untuk mengubah bahan baku dan sumber-sumber daya menjadi barang jadi dan jasa. 

Lini perakitan 
Teknik produksi yang memindahkan produk di sepanjang jalur melewati sejumlah bengkel kerja , tempat para pekerja melakukan tugas-tugas. 

Proses Produksi 
Manajemen produksi dan operasi merupakan satu fungsi bisnis yang penting. Tanpa barang dan jasa yang bermutu, sebuah perusahaan tidak bisa menghasilkan laba dan menuju kebangkrutan. Proses produksi juga penting di organisasi nirlaba, karena barang dan jasa yang diproduksi membantu keberadaan organisasi. Manajemen produksi dan operasi memainkan peran strategis yang penting dengan menurunkan biaya produksi, meningkatkan mutu output, dan memungkinkan perusahaan merespon secara fleksibel terhadap permintaan pelanggannya. 

Proses Produksi : Mengubah Input menjadi output 

Input Proses Konversi Output 
  • Sumber Daya
  • Menambah Nilai
  • Barang
  • Bahan Baku
  • Jasa 

Produksi 
Penggunaan sumber-sumber daya seperti tenaga kerja dan mesin untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi dan jasa. 

Teknologi dan Proses Produksi 
Otomatisasi menggunakan komputer untuk mendesain, menciptakan, dan memodifikasi produk secara cepat dan menghasilkan produk secara efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Teknologi desain dan produksi yang penting diantaranya : 
  • Robot adalah sebuah mesin yang diprogram ulang, yang mampu melakukan berbagai pekerjaan yang membutuhkan manipulasi bahan baku dan peralatan. 
  • Desain dan Produksi, berbantuan Komputer Desain berbantuan komputer (CAD) adalah sistem interaksi antara seorang pendesaian dan sebuah komputer dalam mendesain suatu produk, fasilitas, atau komponen yang memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Produksi berbanntuan komputer (CAM) adalah peralatan elektronik untuk menganalisis output CAD dan menentukan tahap-tahap yang diperlukan untuk mengimplementasikan desain tersebut, diikuti oleh transmisi instruksi-instruksi elektronik yang memandu aktivitas-aktivitas dari peralatan produksi.
  • Sistem Produksi Fleksibel, sistem Produksi Fleksibel (flexible manufacturing system- FMS) adalah fasilitas produksi yang memungkinkan pekerja secara cepat memodifikasi pembuatan produk yang berbeda. 
  • Produksi Terintegrasi Komputer, proses manufaktur terintegrasi komputer (computer integrated manufacturing-CIM) adalah sistem produksi menggunakan komputer yang membantu pekerja mendesain produk, mengendalikan mesin, mengelola bahan baku, dan mengendalikan fungsi produksi secara terintregasi. Kunci sistem CIM adalah sistem komputer tersentralisasi menjalankan peranti lunak yang mengintegrasikan dan mengendalikan proses dan fungsi yang terpisah.

KEPUTUSAN LOKASI
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi 

Faktor Lokasi
Contoh-contoh Bisnis yang Terpengaruhi Transportasi, Kedekatan dengan pasar, Kedekatan dengan bahan baku, Ketersediaan alternatif transportasi.

Perusahaan yang membuat roti bakar dan perusahaan yang memproduksi produk-produk lain yang tidak tahan lama, perusahaan binatu, hotel dan jasa-jasa lain. Perusahaan pertambangan. Perusahaan batu bata, toko ritel. 

Faktor Manusia
Pasokan tenaga kerja

Peraturan setempat
Kondisi kehidupan masyarakat Produsen mobil, Pengembang peranti lunak, Klub malam, Toko minuman keras. Semua jenis bisnis.

Faktor fisik
Pasokan air, Listrik, Bahan-bahan berbahaya Pabrik kertas. Aluminiun, bahan kimia, dan perusahaan pupuk. Semua jenis bisnis. 

Pekerjaan Manajer Produksi
Manajer produksi dan operasi menggunakan tenaga kerja dan mesin untuk mengubah input (bahan baku dan sumber-sumber daya) menjadi barang jadi dan jasa. 

Tugas-tugas manajemen produksi
Perencanaan Pemilihan Tata Pengimplemen Pengendalian 
Proses Letak yang tasian Rencana Proses Produksi paling sesuai Produksi Produksi 

Perencanaan Proses Produksi merupakan perencanaan proses perusahaan dimulai dari pilihan perusahaan atas barang atau jasa yang akan di tawarkan ke pelanggan. Keputusan tentang hal ini merupakan esensi dari alasan perusahaan untuk beroperasi.

Penentuan Tata Letak Pabrik setelah manajemen menetapkan aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan dalam proses produksi perusahaan, mereka bisa menentukan tata letak terbaik untuk pabrik mereka. Keputusan ini mengharuskan mereka mempertimbangkan semua tahap produksi dan input yang diperlukan disetiap tahap.

Pengimplementasikan Rencana Produksi, setelah merencanakan proses produksi dan menentukan tata letak terbaik, manajer produksi suatu perusahaan kemudian mulai mengimplementasikan rencana produksi. Aktivitas ini mencakup :
 • Keputusan Membuat, Membeli, atau Menyewa (make, buy, or lease decision) adalah memilih apakah harus memproduksi sendiri produk atau komponen yang dibutuhkan, membelinya dari pemasok luar, atau menyewanya. 
• Pemilihan Pemasok ; setelah perusahaan memutuskan input yang akan dibeli, selanjutnya perusahaan harus memilih pemasok terbaik. Untuk membuat keputusan ini, manajer produksi membandingkan mutu, harga, keandalan pengiriman, dan jasa-jasa yang ditawarkan oleh perusahaan saingan. 
• Pengendalian Persediaan ; tanggung jawab manajer produksi dan operasi dalam hal pengendalian persediaan (inventory control), mengharuskan mereka menyeimbangkan kebutuhan menjaga jumlah persediaan untuk memenuhi permintaan dengan biaya penyimpanannya.
• Sistem Just-in-Timen( just-in-time-JIT) merupakan penerapan filosofi manajemen yang ditujukan untuk meningkatkan laba dan pengembalian investasi, dengan cara meminimalkan biaya dan menghilangkan aktivitas yang sia-sia melalui pengurangan persediaan di gudang. 
• Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku (materials requirement planning-MRP) adalah sistem perencanaan produksi berbasis komputer yang membuat perusahaan bisa menjamin tersedianya semua bahan baku yang diperlukan, untuk memproduksi output pada waktu dan tempat yang tepat dan dalam jumlah yang benar. 

Pengendalian Proses Produksi 
Tahap-tahap dalam Pengendalian Produksi
  • Perencanaan Penyusunan Penjadwalan Penganturan Penindak-Rute lanjutan 
  • Pengendalian Mutu yang mencakup pengevaluasian barang dan jasa berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Pemeriksaan semacam ini perlu dilakukan untuk mengetahui produk-produk yanng cacat dan untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak dikirim ke pelanggan. Peralatan untuk memonitor tingkat mutu dari output perusahaan diantaranya adalah pemeriksaan visual, sensor elektronik, robot, dan sinar x. Mutu sangatlah penting dalam pengembangan produk, menginvestasikan dana untuk pendesainan dan pengembangan mutu akan menurunkan biaya mutu. 
  • Tolok Ukur adalah mengindentifikasikan bagaimana kinerja perusahaan acuan (yang menjadi tolok ukur) di bidang tertentu, kemudian secara kontinu dilakukan perbandingan dan pengukuran kinerja terhadap perusahaan yang menjadi tolok ukur ini. 
  • Pengendalian mutu adalah pengukuran barang dan jasa yang dibandingkan dengan standar mutu yang telah di tetapkan. 
  • ISO adalah organisasi internasional yang misinya meningkatkan pengembangan produk terstandardisasi untuk memfasilitasi perdagangan dan kerja sama melewati batas-batas negara.

💜💜💜💜💜

: ¨·.·¨ : ` ·. 🦋 ╱|、 (˚ˎ 。7 |、˜〵
source : archive data of my lecture materials 
written by dnoigui
If you want to share this information on your website, please read the terms of "privacy police"
thank you ^^

૮ ˶ᵔ ᵕ ᵔ˶ ა (❀❛ ֊ ❛„)♡—ฅ/ᐠ. ̫ .ᐟ\ฅ —

Post a Comment

If you want to ask something please leave a comment. thank you

Translate